Pinjaman KUR Mandiri

Informasi Seputar Pinjaman KUR Mandiri Lengkap dengan Penjelasan 

Saat membutuhkan modal usaha dalam jumlah besar pinjaman KUR Mandiri  dapat menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, limit atau plafon pinjaman jenis ini cukup besar. Ditambah lagi dengan bunga yang relatif kecil, membuat angsuran per bulannya tidak akan membengkak. 

Pengajuan pinjam dana KUR Mandiri sedemikian rupa akan diterima manakala Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditentukan. Mengenai hal tersebut, selengkapnya terdapat dalam artikel ini. 

Apa Itu Pinjaman KUR Mandiri?

Boleh jadi, pinjaman KUR bank Mandiri sudah tidak asing bagi sebagian orang. Ya, KUR itu sendiri merupakan kepanjangan dari Kredit Usaha Rakyat. Merujuk pada hal tersebut, telah jelas bahwa KUR ini memang ditujukan sebagai pembiayaan untuk usaha yang sifatnya produktif. Karenanya, tidak mengherankan apabila plafon pinjamannya relatif besar. 

Manakala ditarik ke belakang dari segi historisnya, pengadaan KUR, termasuk juga KUR Bank Mandiri bertujuan untuk mendorong terciptanya iklim usaha rakyat. Kondisi sedemikian rupa menjadikan proses penyaluran KUR tidak berbelit-belit. Selain itu, juga tidak menerapkan persyaratan yang sulit untuk calon debiturnya. 

Berdasarkan hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan Kredit Usaha Rakyat sedemikian ini untuk keperluan permodalan usaha. Kini, tidak perlu bingung lagi untuk mencari modal usaha. Apabila Anda ingin mengajukan kredit sebagai modal usaha, tetapi tidak ingin bunga tinggi, KUR adalah solusinya. 

Dengan bunga yang relatif rendah, usaha bisa dikembangkan melalui kredit jenis ini. Dengan begitu, justru Anda bisa mendapatkan imbal hasil dari usaha yang ditekuni tanpa pusing memikirkan beratnya angsuran. 

Keuntungan Menggunakan Pinjaman KUR Mandiri 

Sebagaimana yang telah disebutkan, pinjaman KUR Bank Mandiri pada khususnya merupakan pembiayaan yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada UMKM. Tujuannya, untuk meningkatkan pelayanan perbankan terhadap UMKM produktif. 

Selain itu, juga untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Melalui hal tersebut, nantinya akan terjadi penyerapan tenaga kerja, sehingga bisa menanggulangi kemiskinan. 

Dengan pinjam KUR Mandiri, Anda akan memperoleh berbagai keuntungan. Antara lain, prosesnya mudah dan cepat. Lalu, persyaratan kredit yang melingkupinya juga tidak sulit, sehingga ketika persyaratan seluruhnya telah terpenuhi, besar kemungkinan pengajuan akan diterima. Agunan dari pinjaman berupa objek yang sedang dibiayai. Karenanya, Anda tidak perlu bingung mempersiapkan jaminan lainnya. 

Suku bunga yang diterapkan relatif rendah, yakni sebesar 6% setiap tahun. Mengenai jangka waktu dari kredit, bervariasi sesuai dengan jenis pinjaman dana KUR Mandiri yang telah dipilih oleh debitur. Jenis dari pembiayaan KUR Mandiri pun tidak hanya satu, melainkan terdiri dari 4 jenis. 

Pertama, yakni KUR Mikro dengan limit kredit maksimal mencapai Rp25 juta. Jangka waktu pelunasannya maksimal selama 2 tahun. Kemudian, ada pula KUR Ritel untuk pinjaman maksimal Rp200 juta tenor hingga 5 tahun. Selanjutnya, yakni KUR Penempatan TKI dan KUR Khusus. 

Syarat Lengkap Pinjaman KUR Mandiri 

Untuk syarat pinjaman KUR Mandiri, khususnya KUR Mikro dan KUR Ritel, calon debitur harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. Kemudian, calon peminjam juga harus memiliki usaha produktif serta layak yang sudah berjalan selama 6 bulan. Anda pun harus tidak menerima pembiayaan pada penyalur yang sama. 

Sedangkan untuk KUR Penempatan TKI, usia minimalnya sama seperti sebelumnya. Kemudian, memiliki perjanjian kerja atau kontrak kerja minimal selama 2 tahun dengan pengguna untuk TKI yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, maupun TKI yang bekerja secara perseorangan. 

Prosedur pengajuannya, Anda cukup melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai dengan jenis KUR yang telah dipilih. Lalu, mengajukannya melalui customer service di kantor cabang Bank Mandiri. Supaya lebih tahu mengenai platform pinjaman, bunga, hingga tenor pengembalian pinjaman, alangkah baiknya untuk melihat tabel Pinjaman KUR Mandiri

Dana KUR Mandiri yang telah cari bisa digunakan untuk keperluan produktif. Misalnya, perluasan usaha, inovasi baru produk, sampai berbagai hal lain terkait pengembangan usaha Anda. Dengan bunga rendah, debitur menjadi tidak terberatkan untuk melunasi angsuran setiap bulannya. Usaha yang ditekuninya pun menjadi semakin produktif. 


Cek sumber pinjaman juga