Cara investasi Saham Blue Chip lengkap beserta cara main invest saham maupun nabung saham di 2021

Jangan Takut Bangkrut, Ini Trik Main dan Investasi Saham untuk Pemula

Apabila diperhatikan, sejak beberapa tahun terakhir, terutama tahun 2021, masyarakat luas mulai mengerti tentang pentingnya mulai berinvestasi sedari dini. Tak hanya logam mulia dan batu berharga saja, kini saham pun menjadi salah satu alternatif investasi masa depan yang cukup menjanjikan. Bahkan jika Anda tahu rahasianya, bukan hal yang mustahil Anda bisa meraup cuan dalam jumlah yang sangat besar dari bermain saham. Tak heran semakin banyak orang yang tertarik menggeluti dunia investasi saham. Apakah Anda juga termasuk salah satunya?

Investasi saham akhir-akhir ini menjadi aktivitas yang sangat populer di kalangan generasi milenial. Hanya dengan ikut berinvestasi di saham tertentu, kita bisa mendapatkan banyak keuntungan. Jika Anda tertarik terjun ke dunia investor ini, pastikan tidak melangkah asal-asalan. Ketahuilah beberapa trik dan kiat di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan banyak untung:

Mulai Investasi Saham dengan Cara Memilih Sekuritas Berbiaya Transaksi Kecil

Sebagai investor saham pemula, Anda perlu mengetahui bahwa setiap investor wajib membuka rekening efek yang difasilitasi perusahaan sekuritas. Langkah selanjutnya adalah top-up sejumlah dana tertentu ke rekening efek tersebut, yang nantinya akan berfungsi sebagai e-money yang bisa Anda gunakan dalam transaksi membeli saham-saham online incaran Anda. Biaya sekuritas biasanya ditetapkan sebesar 0,19% untuk pembelian dan untuk penjualan sebesar 0,29%. Namun ada jual beli saham dengan biaya hanya 0,15% dan 0,20%, masing-masing untuk pembelian dan penjualan.

Jangan Kebablasan Royal Jika Urusannya Investasi Saham

Kesalahan yang kerap dilakukan para investor pemula yang baru belajar nabung saham adalah, menghamburkan modal yang besar di awal. Padahal, jika Anda mau lebih jeli mengamati perkembangan harga saham, ada sejumlah saham yang dijual dengan harga hanya Rp 50 untuk setiap lembar sahamnya.

Untuk investor pemula, Anda hanya bisa beli saham dalam satuan slot, yang untuk per slot saham terdiri dari 100 lembar saham. Artinya, Anda butuh modal yang sangat sedikit jika ingin membeli satu slot saham seharga Rp 50 perak per lembarnya. Dengan Rp 5.000 saja, Anda sudah menjadi pemilik saham resmi. Jadi, yuk nabung saham sekarang.

Pastikan Cari Saham yang Terdaftar di Indeks LQ45 atau IDX30 untuk Investasi Saham

Tak perlu bingung saat pertama kali ingin invest saham, cukup cari saja saham yang ada di daftar indeks Bursa Efek Indonesia (BEI) yang tergabung dalam indeks lQ45 atau IDX30. Karena kebanyakan saham yang terdaftar di indeks tersebut adalah saham dengan likuiditas sangat tinggi, seperti saham blue chip. Jadi, jangan takut, karena perusahaan yang terdaftar bisa dipastikan adalah perusahan yang memiliki latar belakang dan juga fundamental baik. Kedua indeks tersebut adalah cara aman untuk main saham bagi pemula.

Belajar Investasi Saham dengan Membelinya dari Perbankan atau Consumer Goods

Ini adalah trik bijak dan dibilang cukup aman dalam cara investasi saham bagi para pemula yang sangat ingin mencoba membeli saham pertama kalinya. Karena harga saham dari perbankan atau pun perusahaan-perusahaan yang khusus bergerak di bidang consumer goods cenderung naik dan stabil. Bahkan meski harga saham mereka tiba-tiba saja anjlok, hanya butuh waktu singkat bagi perusahaan dari dua tipe ini untuk meningkatkan harga saham. Jadi, tidak ada alasannya untuk tidak investasi saham kedua perusahaan ini.

Kenali Aturan Beli Saat Harga sedang Turun dalam Investasi Saham

Banyak investor pemula yang memilih untuk menghindari membeli saham ketika harga turun. Meski begitu, paham dalam trading saham ini tidak sepenuhnya keliru. Karena sering kali kita mendapati harga saham yang sebelumnya anjlok, namun selang beberapa waktu kemudian harganya kembali normal, atau bahkan melambung tinggi. Akan tetapi tak sedikit juga kasus yang sebaliknya. Jika tidak ingin bangkrut, pastikan Anda selalu waspada dan bijak sebelum beli saham.

Aman dan Lebih Menguntungkan Investasi Saham Jangka Panjang

Keuntungan investasi jangka panjang adalah risikonya jauh lebih rendah. Dan apabila Anda memilih perusahaan yang tepat, bukan hanya 100%, namun keuntungan yang menanti Anda bisa berkali-kali lipat dari harga saham yang Anda keluarkan pertama kali. Ini adalah trik wajib untuk pemula jika ingin mewujudkan hidup nyaman dengan jaminan keuangan yang stabil di masa depan sekitar 10-15 tahun mendatang.

Alternatif lain bagi pemula yang tertarik berinvestasi saham adalah reksadana saham, di mana Anda tak perlu buang-buang waktu untuk screening maupun mengecek portofolio saham yang diinginkan satu per satu. Karena sudah ada manajer investasi yang akan disediakan untuk mengelola uang Anda dalam investasi saham.