Cara pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan dengan syarat meminjam uang di Pegadaian 2021

Cari Tahu Cara Pinjam Uang di Pegadaian Tanpa Jaminan

Banyak orang pernah mengalami kesulitan keuangan, terutama saat harus mendapatkan aliran dana dalam waktu yang mendesak. Kebingungan mencari tempat meminjam dana yang terpercaya di saat situasi keuangan sedang sulit? Sebaiknya pilih Pegadaian yang sudah terjamin kredibilitasnya. Ya benar, di Pegadaian memang nasabah tidak hanya bisa menggadaikan harta benda saja, tetapi bisa juga mengajukan pinjaman dengan menggunakan jaminan. 

Sebagai salah satu lembaga resmi yang dimiliki pemerintah, nasabah bisa lebih mempercayai Pegadaian sebagai pihak penyedia dana. Cara pinjam uang di Pegadaian juga terbilang mudah. Tidak butuh waktu lama untuk mengajukan pinjaman. Nasabah tinggal datang dengan membawa identitas diri dan barang yang akan dijadikan jaminan, maka dana bisa cair dengan cepat. 

Ketahui Keunggulan Cara Pinjam Uang di Pegadaian

Pinjam uang di Pegadaian butuh jaminan berupa aset pribadi. Ada berbagai kelebihan yang akan didapat nasabah saat meminjam uang di Pegadaian, dibandingkan dengan lembaga penyedia dana lainnya. Di antaranya adalah prosesnya yang cepat. Cara meminjam uang di Pegadaian juga tidak mengharuskan nasabah membuka rekening maupun membayar biaya administrasi, seperti yang dilakukan saat mengajukan pinjaman di bank. Selain itu, jumlah angsurannya bisa disesuaikan dengan kemampuan tiap nasabah, jadi terbilang ringan karena pihak Pegadaian tidak memberatkan proses pengembalian dana. Uniknya, di Pegadaian juga diberlakukan sistem bunga menurun. 

Jadi jika jumlah cicilan sudah tinggal sedikit, maka bunganya akan ikut menurun sesuai sisa cicilan yang harus dibayar. Jika nasabah merasa perlu waktu tambahan untuk mencicil, maka bisa mengajukan perpanjangan jatuh tempo pengembalian dana. Pihak Pegadaian akan menawarkan solusi perpanjangan ini bagi nasabah yang kesulitan mencicil, meski dikenakan bunga untuk angsuran yang dibayar terlambat.

Keunggulan lainnya adalah nasabah bisa membawa jaminan yang beraneka ragam saat mengajukan pinjaman. Jaminan bisa berupa emas batangan, perhiasan, BPKB kendaraan, alat elektronik, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara meminjam uang di Pegadaian tanpa jaminan? Hingga saat ini, Pegadaian hanya menyediakan layanan pinjaman dengan menggunakan jaminan. 

Ini Dia Syarat dan Cara Pinjam Uang di Pegadaian

Cara pinjam uang ke Pegadaian pada dasarnya adalah nasabah datang langsung ke outlet Pegadaian terdekat dengan membawa identitas diri dan barang yang akan digadaikan. Syarat pinjam uang di Pegadaian yang lebih detail bisa didapat saat memilih jenis pinjamannya. Pegadaian menyediakan 6 jenis pinjaman di tahun 2021. Yang pertama adalah Kredit Cepat dan Aman (KCA). Nasabah bisa menggunakan dana KCA untuk memenuhi kebutuhan konsumtif maupun produktif, misalnya untuk keperluan usaha. 

Syarat pengajuan pinjaman di Pegadaian jenis KCA adalah dengan membawa barang berharga seperti emas batangan, perhiasan emas, laptop, ponsel, dan lain-lain. Bisa juga dengan membawa surat penting kendaraan. Jenis pinjaman yang kedua adalah Kredit Angsuran dengan Sistem Gadai (Krasida) yang ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. 

Syarat meminjam uang di Pegadaian khusus program Krasida adalah membawa agunan berupa emas atau kendaraan bermotor. Jenis pinjaman selanjutnya adalah Kredit Angsuran Sistem Fidusia (Kreasi) yang juga ditujukan bagi pengusaha UMKM dengan cara menyerahkan agunan berupa BPKB. Kendaraan masih bisa digunakan untuk keperluan usaha. Jenis pinjaman yang keempat adalah KCA Prima, pinjaman dengan bunga 60% dan masa tenor 60 hari. 

Agunan yang dibawa sangat beragam mulai dari perhiasan, emas batangan, laptop, televisi, ponsel, motor, mobil, dan lain-lain. Jenis pinjaman yang kelima adalah Kreasi Fleksi yang ditujukan bagi nasabah yang bekerja sebagai petani. Tapi pinjaman ini juga bisa diajukan bagi nasabah yang memiliki pekerjaan lain. Plafon pinjamannya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 400 juta dengan tenor 3 bulan hingga 36 bulan.

Jenis pinjaman yang terakhir adalah Rahn yang merupakan pinjaman menggunakan prinsip syariah. Cara mengajukan pinjaman di Pegadaian jenis Rahn adalah dengan membawa agunan berupa BPKB dan STNK asli. Di tahun 2021 ini, cara pinjam uang di Pegadaian lebih mudah dengan opsi pinjaman dan agunan yang beragam pula.