Cara mendapatkan uang 75 ribu baru dan uang pecahan 75000 / 75 rb di 2021

Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu, untuk Koleksi atau Transaksi?

Dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di tanggal 17 Agustus 2020, bank Indonesia merilis uang 75 ribu baru. Ini tentu menarik karena sebelumnya tidak ada pecahan uang sebesar 75 ribu dalam Rupiah. Meski banyak yang tertarik, tapi hingga kini banyak yang belum mengetahui cara mendapatkan uang 75 ribu

Sebenarnya dirilisnya uang Rp 75 ribu ini banyak dibahas di acara berita di televisi. Tetapi bagi masyarakat Indonesia yang belum sempat menyaksikannya, tentu masih belum tahu mengenai cara dapat uang 75 ribu. Selain itu, meski sudah beredar beberapa bulan yang lalu, uang pecahan Rp 75 ribu juga tidak banyak beredar di pasaran. 

Hal ini mungkin dikarenakan orang yang memilikinya lebih memilih untuk menyimpan lembaran uang tersebut. Wajar saja, karena uang ini pertama kalinya dirilis pecahan dengan nominal tersebut. Apalagi diluncurkannya bertepatan dengan HUT RI ke-75, tentu membuat uang ini jadi memiliki nilai yang spesial. Telah dicetak sebanyak 75 juta lembar, uang baru ini telah didistribusikan ke semua kantor Bank Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia di berbagai kota bisa mendapatkannya dengan lebih mudah, 

Syarat dan Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu

Bagi yang masih penasaran ingin memegang langsung lembaran uang pecahan Rp 75 ribu, simak beberapa syarat dan cara mendapatkan uang 75 ribu baru berikut ini. Gubernur bank Indonesia, Perry Warjiyo, telah menyatakan bahwa cara mendapat uang baru 75 ribu adalah dengan melakukan pendaftaran online terlebih dahulu. Ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya antrian dan kerumunan di tengah wabah Covid-19. 

Cara mendapatkan uang pecahan 75 ribu yang pertama adalah melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR. Jadi harus mengunduh aplikasinya dulu, lalu lakukan pemesanan dan isi data diri yang sesuai dengan KTP. Pemesan akan mendapatkan bukti pemesanan dari aplikasi PINTAR. Bukti pemesanan ini bisa dicetak, tapi bisa juga disimpan saja di dalam aplikasi, keduanya tidak menjadi masalah. Cara mendapatkan uang 75rb baru yang selanjutnya adalah dengan menukarkan bukti pemesanan dengan uang. 

Bank Indonesia telah menentukan periode penukaran. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2020 sampai tanggal 30 September 2020. Lalu ada tahap kedua yang diselenggarakan di tanggal 1 Oktober 2020 sampai selesai, sampai sisa uangnya habis. 

Ketentuan dan Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu

Setelah mendaftar dan punya bukti pemesanan, cara dapat uang 75 baru adalah dengan membawa KTP asli ke lokasi dan jadwal yang sudah ditentukan di dalam aplikasi. Jadi yang bisa mendapatkan uang pecahan Rp 75 baru di Bank Indonesia adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki KTP. Satu KTP hanya bisa menukarkan satu lembar uang pecahan Rp 75 ribu saja. 

Jadi sebanyak 75 juta WNI bisa mendaftar dan mendapatkan uang pecahan baru yang unik ini. Lokasi penukaran pecahan uang Rp 75 ribu pada tahap pertama dilakukan di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Sementara untuk tahap kedua, penukaran dilakukan di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia, ditambah dengan bank umum yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia. Beberapa bank umum yang telah ditunjuk di antaranya adalah BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, dan bank CIMB Niaga. 

Cara Mendapatkan Uang 75 Ribu di Tahun 2021, Masih Bisa?

Karena sudah berganti tahun, banyak yang menanyakan apakah masih bisa mendapatkan uang pecahan Rp 75 ribu baru? Untuk ukuran edisi terbatas, menurut kolektor uang, jumlah 75 juta lembar itu sangat banyak. Apalagi cara mendapatkan uang pecahan 75000 ini hanya diperbolehkan satu KTP untuk satu lembar uang saja. Jadi di tahun 2021 diperkirakan masih bisa mendapatkan pecahan uang Rp 75 baru.

 Cara mendapatkan uang 75 ribu baru di 2021 masih sama, yaitu dengan mendaftar dulu di aplikasi PINTAR atau di laman pintar.bi.go.id. Cetak atau simpan bukti pemesanannya, dan lakukan penukaran sesuai jadwal yang telah ditentukan di dalam aplikasi.