Cara bikin Kartu Kredit BRI, BNI, BCA tanpa slip gaji lengkap beserta syarat bikin kartu kredit 2021

Berbagai Info Seputar Cara Bikin Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang praktis dan sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia. Kartu kredit bisa memudahkan bagi penggunanya jika digunakan dengan tepat. Pemiliknya tidak perlu membawa uang tunai ke mana-mana, jadi lebih aman dan nyaman. Berbagai transaksi seperti jual beli barang, kuliner, jasa, tiket, dan lain-lain bisa dilakukan, selama merchant tersebut telah bekerja sama dengan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.

Cara bikin kartu kredit relatif tidak terlalu rumit, terutama bagi nasabah yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Bagi yang bekerja sebagai wirausaha pun tetap bisa memilikinya. Dengan perkembangan teknologi, saat ini nasabah bahkan bisa bikin kartu kredit online. Lebih praktis, cepat, dan hemat, proses pengajuan kartu kredit secara online banyak diminati nasabah. 

Cari Tahu Keunggulannya Sebelum Mengetahui Cara Bikin Kartu Kredit

Jika digunakan dengan baik, kartu kredit akan memberi banyak keunggulan. Salah satunya adalah bisa membiayai keperluan yang jumlahnya lebih besar dari kemampuan nasabah. Misalnya untuk membeli alat elektronik yang dibutuhkan di rumah. Nasabah bisa membelinya dengan cara dicicil. Atau untuk keperluan mendadak seperti layanan medis, contohnya operasi atau kecelakaan yang tidak terduga. 

Keunggulan yang satu ini membutuhkan tanggung jawab, karena jika tidak berhati-hati dan digunakan seenaknya, bisa menyusahkan saat mencicil ke depannya. Bank juga memberikan banyak promosi untuk transaksi kartu kredit, bisa berupa potongan harga atau cashback. Selain itu, pemegang kartu kredit juga bisa membayar tagihan dengan terjadwal, sehingga tidak perlu kuatir telat bayar dan kena denda. 

Kenali Jenisnya Sebelum Cari Tahu Cara Bikin Kartu Kredit

Sebelum bikin kartu kredit, Anda harus mengetahui syarat bikin kartu kredit. Hal lain yang perlu diketahui adalah jenisnya. Pada dasarnya ada 3 jenis kartu kredit, yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Kartu SIlver adalah yang paling banyak digunakan karena ini adalah kartu bagi pemula dengan limit kredit yang paling rendah, yaitu sekitar Rp 4 hingga Rp 7 juta. 

Nasabah bisa meningkatkan limit kredit jika riwayat kreditnya baik. Kartu Gold adalah kartu kelas menengah dengan limit sekitar Rp 10 hingga Rp 40 juta. Seorang nasabah bisa langsung mendapatkan kartu Gold jika memenuhi syarat. Lalu ada Kartu Platinum yang merupakan tingkatan standar kartu kredit paling tinggi, dengan limit mulai dari Rp 40 juta sampai Rp 1 miliar. 

Namun saat ini ada juga jenis kartu kredit di atas Platinum, yaitu kartu Titanium dan Black Card. Keduanya memiliki syarat yang tidak terlalu jelas, karena hanya pihak bank yang bisa menawarkan kartu kredit ini pada nasabah yang dianggap mampu. 

Cara Bikin Kartu Kredit di Berbagai Bank di Tahun 2021

Anda bisa memilih bank yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Cara bikin kartu kredit BRI cukup simpel. Pemohon harus berusia 21 sampai 45 tahun dan menyiapkan fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi rekening tabungan, dan NPWP. Sementara jika ingin bikin kartu kredit BCA, beberapa syarat bikin kartu kredit BCA adalah berusia 21 hingga 65 tahun. Sementara itu, dokumen yang harus disiapkan adalah fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi rekening tabungan selama 2 bulan terakhir, NPWP, fotokopi Surat Izin Profesi untuk profesional, dan fotokopi Surat Izin Usaha bagi wirausaha. 

Di BCA, ada juga cara membuat kartu kredit BCA tanpa slip gaji. Yaitu dengan menggunakan kartu kredit visual melalui KlikPay BCA. Sementara itu, cara bikin kartu kredit Mandiri bisa dilakukan secara online maupun langsung datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Untuk pendaftaran secara online, beberapa dokumen yang harus dipenuhi adalah foto asli KTP yang jelas, foto selfie dengan memegang KTP asli, foto slip gaji atau SEPERTI pajak, dan foto NPWP yang jelas.

Setelah mengetahui cara bikin kartu kredit di berbagai bank, pilihlah bank dan jenis kartu kredit yang paling tepat untuk Anda. Tidak perlu memilih kartu dengan limit tinggi apabila Anda tidak membutuhkannya, agar pengeluaran bisa tetap terkontrol.